Rabu, 10 Oktober 2012

Pelaksanaan MPS2 Episode 3 Tahun 2012

Pelaksanaan MPS2 Episode 3 Tahun 2012
Kamis, 11 September 2012


Morning On Panglima Sudirman Street(MPS2) periode III Tahun 2012  (10/09) kembali digelar sepanjang jalan Panglima Sudirman yang diisi dengan tampilan hiburan kesenian, penyaluran bantuan dan juga sosialisasi program oleh SKPD. Dalam event ini UMKM dan Swasta juga ikut serta dengan mengisi stand yang telah disiapkan. Adapun tema yang diangkat adalah “Dengan Semangat Tali Silaturahim Kita Kembangkan Ekonomi Kerakyatan dan Pemberdayaan UKM.

MPS2 merupakan sebuah terobosan kebijakan Pemerintah Kota Probolinggo untuk menggerakkan sektor riil yang melibatkan seluruh pelaku ekonomi di daerah Kota Probolinggo, baik itu pengusaha besar, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan seluruh lapisan masyarakat.Event yang bertajuk Morning On Panglima Sudirman Street / Pagi di sepanjang Jalan Panglima Sudirman bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Probolinggo dengan memberikan kesempatan kepada pelaku usaha (UMKM-PKL) dalam meningkatkan pemasaran produknya sehingga mereka lebih kreasi dan berinovasi dalam mengembangkan produknya. Sementara salah satu manfaatnya untuk meningkatkan kegiatan perekonomian daerah yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“MPS2 ini digagas oleh Pemerintah Kota sebagai sebuah inovasi yang tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian, akan tetapi juga untuk menumbuhkan seni dan budaya Probolinggo dengan berbagai tampilan hiburan kesenian serta juga bidang sosial kemasyarakatan dengan pemberian bantuan kepada masyarakat” terang Sanusi Sapuwan, orang nomor satu di Bappeda.

Sementara itu, perputaran uang yang terjadi pada acara MPS2 ini mencapai satu milyar lebih.Menurut data dari Bappeda, bahwa perputaran uang pada penyelenggaraan MPS2 kali ini sebesar Rp. 1.232.675.000,- dan omzet sebesar Rp. 310.873.000,-. Hal ini tentunya berjalan selaras dengan harapan dari Pemkot Probolinggo untuk menggerakkan sektor riil perekonomian khususnya bagi UMKM dan juga PKL.

Dalam gelar MPS2 ini, juga  dilakukan pengisian kuisioner yang diberikan terhadap 222 orang responden terkait dengan seberapa perlunya MPS2 ini diadakan. Ternyata dari hasil rekapitulasi, 100% respon masyarakat menyatakan bahwa MPS2 ini masih perlu diadakan sebagai sebuah acara rutin yang diselenggarakan oleh Pemkot Probolinggo.Sedangkan pada poin pertanyaan kemanfaatan penyelenggaraan MPS2 99,1 % menyatakan bahwa ternyata MPS2 ini bermanfaat dan hanya 0,9% yang menyatakan bahwa MPS2 ini tidak bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar